Pendingin Kompresor

Pendingin Kompresor

Kompresor yang merupakan komponen dari mesin pendingin kompresi uap dan digunakan untuk menarik uap zat pendingin dari evaporator dan mengirimkannya ke kondensor.

Salah satu karakteristik terpenting dari kompresor pendingin adalah kapasitas pendinginan sistem pendingin, yang untuk refrigeran tertentu dan dalam kondisi suhu tertentu, sebanding dengan kapasitas pendinginan volumetrik.

Bergantung pada pendingin yang digunakan, kapasitas pendinginan volumetrik yang dibutuhkan, dan kondisi tertentu lainnya, jenis kompresor berikut digunakan dalam teknik pendinginan: timbal balik, putar, sekrup, dan sentrifugal.

Kompresor pendingin mirip dengan kompresor udara dan gas dalam prinsip operasi. Namun, mereka memiliki sejumlah fitur yang terkait dengan kondisi pengoperasian mesin pendingin dan dengan sifat termodinamika, fisik, dan kimia dari uap refrigeran yang digunakan.

Misalnya, kompresor pendingin biasanya beroperasi dengan uap super panas. Persyaratan tertentu dikenakan pada kompresor pendingin. Ini termasuk kelayakan kompresi satu tahap pada rasio discharge-to-hisap tekanan yang jauh lebih tinggi daripada kompresor udara, yaitu pada rasio tekanan hingga 10-12 atau-pada kompresor yang dirancang khusus tertentu – sampai 25-30;

Kemungkinan mengendalikan kapasitas pendinginan volumetrik; Pengurangan kekuatan tidak seimbang, dimensi keseluruhan, dan berat; Dan tingkat kebisingan yang rendah, terutama untuk kompresor pendingin yang digunakan di kulkas rumah tangga dan sistem pendingin udara.

Dalam kasus kompresor reciprocating, persyaratan yang diberlakukan telah menyebabkan pengembangan desain multicylinder dalam satu perumahan tertutup rapat, yang disebut pengecoran monobloc, yang bertekanan oleh uap zat pendingin.

Kompresor pendingin jenis ini seimbang dan bisa beroperasi pada kecepatan piston tinggi (25-50 detik-1). Bila zat pendingin yang digunakan tidak memadai sehubungan dengan gulungan motor listrik yang menggerakkan kompresor, motor dibangun langsung ke kompresor perumahan.

Bergantung pada sejauh mana kompresor pendingin disegel, pembedaan dibuat antara kompresor semisealed dan kompresor tertutup rapat. Pada kompresor semisealed, perumahan memiliki sambungan untuk akses ke katup dan mekanisme penggerak;

Kompresor tertutup rapat memiliki satu potong (dilas) perumahan. Kompresor yang diseminisasi, yang mungkin merupakan tipe reciprocating, screw, atau centrifugal, memiliki berbagai kapasitas dan motor listrik dengan output daya hingga 500 kilowatt.

Kompresor tertutup yang disegel secara hidraulik, yang mungkin merupakan tipe reciprocating atau rotary, digunakan bila kapasitas pendinginan yang relatif rendah (sampai beberapa kilowatt) diperlukan, misalnya di lemari es dan pendingin ruangan domestik dan peralatan pendingin komersial.

Leave a reply