Penyebab Umum Kegagalan Kompresor Hermetic

Penyebab Umum Kegagalan Kompresor Hermetic

Penyebab umum kegagalan kompresor yang harus kita hadapi adalah burnout motor pada kompresor tertutup rapat. Kegagalan ini umumnya merupakan akibat dari pengurangan integritas dielektrik (resistansi) isolasi motor berliku.

Dalam sistem pengkondisian udara, bila terjadi suhu tinggi yang berlebihan dalam sistem refrigeran, titik stabilitas termal refrigeran dapat tercapai. Bila ini terjadi, zat pendingin bisa rusak.

Karena HCFC-22 memiliki klorin dan fluorin dalam susunan kimianya, asam hidroklorida dan hidrofluorat dapat diproduksi. Asam ini bersifat korosif dan akan merusak isolasi motor kompresor.

Pengurangan resistensi insulasi yang dihasilkan akan menciptakan peningkatan aliran elektron (ampere) melalui refrigeran konduktif yang mengelilingi motor ke ground. Karena kehilangan ampere ini ke ground, kebutuhan ampere motor meningkat.

Semakin parah kontaminasi, semakin besar kenaikan amper draw. Ketika ampere menarik melebihi ampli pengenal pengenal motor, panas terbentuk di gulungan motor, yang menyebabkan akhirnya terjadi burnout motor.

Membersihkan dengan cara yang benar

Penanganan pembersihan sistem dan kompresor yang benar setelah burnout adalah hal yang paling penting.

Sebelum larangan pelepasan halocarbon yang terklorinasi, R-11 biasanya digunakan untuk menyiram sistem setelah terbakar. Ini sangat efektif karena R-11 merupakan pelarut yang baik.

Sejak pelarangan, produk pembilasan sistem lain telah diperkenalkan. Perhatian yang besar harus dilakukan saat menggunakan produk ini karena bisa terjebak dalam sistem dan mungkin sulit untuk dilepas.

Metode terbaik untuk melindungi kompresor pengganti dan memastikan agar tidak mengalami kegagalan adalah memasang pengering filter cair ukuran besar dan penyedot debu hisap dengan ukuran yang benar.

Penyaring pengering pengering membersihkan zat pendingin dan minyak asam yang mungkin tertinggal dalam sistem. Minyak dapat diuji setelah beberapa waktu kompresor pengganti untuk memverifikasi bahwa tidak ada asam yang ada.

Selain itu, megohmmeter dapat digunakan untuk menguji kekuatan dielektrik insulasi berkelok-kelok untuk memastikan bebas dari kontaminasi.

Filter penyedot hisap harus dilepas setelah pembersihan selesai dan diganti dengan suction filter dengan fitur bypass.

Jika ini tidak dilakukan, drifter filter bisa menjadi terbatas, menyebabkan penurunan tekanan saluran isap yang berlebihan.

Penurunan tekanan ini berdampak langsung pada kinerja kompresor, menyebabkan peningkatan rasio kompresi, konsumsi daya, dan penurunan kapasitas sistem.

Menggunakan prosedur sederhana ini harus mencegah kegagalan kompresor tambahan dan menghasilkan pelanggan yang puas.

Leave a reply